Palangka News.co.id // Barito Selatan – Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, menggelar Rapat Koordinasi (Rakoor) persiapan implementasi Call Center 112. Acara rakoor tersebut, di Aula Sekda Barsel, dipimpin langsung Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Drs. Mirwansyah, M. A
Yang dihadiri seluruh unsur furkopimda lingkup Pemkab Barsel, dan SOPD, turut hadir Kapolres, Manajer Rayon PLN Buntok, serta Satpol PP, dan Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Barito Selatan Sabtu (13/2/2025).
Guna untuk mempercepat langkah-langkah strategis dalam mewujudkan layanan nomor tunggal panggilan darurat yang terintegrasi di wilayah Kabupaten Barito Selatan.
Hal ini disampaikan Drs. Mirwansyah, M. A, saat memimpin rakoor, ia menekankan pentingnya implementasi layanan Call Center 112 sebagai bagian dari upaya meningkatkan respons cepat terhadap keadaan darurat yang dialami masyarakat.
Karena ini adalah merupakan salah satu bukti, bahwa Pemkab Barsel berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan publik yang berbasis digital demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Ini sejalan dengan visi menuju smart city yang responsip dan inovatif. Layanan ini akan menjadi pusat koordinasi terpadu dalam menangani berbagai jenis keadaan darurat.
“Seperti kebakaran, kecelakaan lalu lintas, gangguan listrik, bencana alam, tindak kriminalitas, dan kondisi medis darurat, ” tegasnya.
Disamping itu Kepala Dinas Kuminfo Mario Aan, menyampaikan, bahwa Call Center 112 akan berfungsi sebagai pusat layanan darurat satu pintu yang dapat diakses masyarakat tanpa dikenakan biaya.
“Karena sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas koordinasi antar instansi dalam menangani berbagai kejadian darurat,” kata Mario.
Dengan kesepakatan bersama semua Instansi teknis yang hadir dalam acara rakoor tersebut, mereka juga menyampaikan peran mereka dalam mendukung operasional Call Center 112, diantaranya
POLRES Barito Selatan, bertanggung jawab dalam penanganan laporan terkait gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. dan PLN Rayon Buntok juga menyediakan informasi dan tindakan cepat dalam penanganan gangguan kelistrikan saat keadaan darurat.
Selanjutnya Dinas PUPR juga berperan dalam menangani insiden terkait infrastruktur jalan dan bangunan yang berisiko terhadap keselamatan publik. begitu juga BPBD dalam menangani dan merespons kejadian bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan kebakaran hutan.
Damkar: Bertugas dalam penanganan kebakaran dan penyelamatan di wilayah Kabupaten Barito Selatan. Dinas Sosial: Memberikan bantuan sosial kepada korban bencana dan keadaan darurat lainnya. Dinas Kesehatan & RSUD Jaraga Sasameh: Memastikan layanan medis darurat dapat ditangani dengan cepat dan efektif.
DP3APPKB: Menyediakan layanan terkait perlindungan anak dan perempuan dalam keadaan darurat. Satpol PP: Menegakkan ketertiban umum serta membantu dalam penanganan insiden yang memerlukan intervensi keamanan sipil.
Bagian Hukum Setda Barito Selatan: Mengawal aspek regulasi dan kebijakan dalam implementasi layanan Call Center 112. Dengan sinergi lintas sektor ini, diharapkan Call Center 112 dapat segera diimplementasikan secara optimal dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Kabupaten Barito Selatan.
Dengan langkah selanjutnya adalah pemantapan infrastruktur teknologi, sosialisasi kepada masyarakat, serta uji coba operasional sebelum layanan ini resmi diluncurkan
Pewarta. : H. Asjian .
PT Palangka News Jaya Mandiri
Pewarta : Assjian.


